BKPM: Kebijakan Moratorium Adalah Langkah Pemberantasan Mafia Kartel

0
19
Spread the love
[Suasana saat diskusi publik di PB-HMI Jakarta, Senin (18/11)
 .
TEMPO|Jakarta- Terkait isu tentang pemberantasan mafia kartel yang akhir-akhir ini dibahas oleh beberapa pihak. Pengurus Besar-Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) mengelar diskusi dengan mengangkat tema ‘Kebijakan Moratorium Adalah Langkah Pemberantasan Mafia Kartel’.
 .
Diskusi publik yang dihadiri narasumber oleh Eka Sastra perwakilan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menjelaskan bahwa pihaknya sebelumnya, sudah menfasilitasi antara pihak investor dengan pengusaha nikel. Salahsatu poin antara pertemuan tersebut adalah bagaimana bersepakat untuk menghentikan ekspor nikel keluar negeri dalam upaya untuk memajukan perekonomian.
 .
“Sehinga ekspor nikel tidak lagi kita ekspor, tapi kemudian kita kirim ke smelter dengan harga yang diatur, salahsatu keluhannya  juga dari penambang ini adalah harganya yang jauh dibawah harga pasar,” ujarnya usai mengikuti diskusi di PB-HMI, Jakarta, Senin (18/11/2019).
 .
Upaya BKPM dalam mediasi antara kedua belah pihak, antara smelter yang butuh bahan baku dan juga pihak penambang yang menginginkan harga lebih adil adalah untuk menyepakati bersama penghentian ekspor nikel ke luar negeri
 .
 “Makanya disepakatilah pertemuan kemarin untuk menghentikan ekspor tadi, sekali lagi, posisi kami tidak mengugurkan Permen sebelumnya tapi menfasilitasi dari dua belah pihak dan posisi BKPM adalah menjaga agar ada kepastian investasi di Indonesia,” jelasnya usai mengelar diskusi yang bertema,’Kebijakan Moratorium Adalah Langkah Pemberantasan Mafia Kartel'(Arm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here