Pesan Habib Maulana Bagi Pemuda Masa Kini; “pertama ke-imanan, kedua Ihsan”

0
49
Spread the love

(Ket.Gambar: Habib Maulana Al Haddad, Ist)

TEMPO| Jakarta- Pengurus dan pimpinan Mejelis Dzikir Wahdaniah Jakarta utara, Habib Maulana Al Haddad menyampaikan pesan moral pada kawula muda masa kini agar tidak mudah termakan arus informasi yang tidak benar (Hoax). Pasalnya, bila hal itu sampai terjadi maka menyebabkan beberapa dampak yang tidak di inginkan bangsa, masyarakat dan agama.

Dia pun berharap agar para pemuda diharapkan untuk memperkuat Iman, menjaga Ihsan, Agama, etika serta adab berbudaya.

“Yang pasti dikuatkan itu, pertama ke-imanan, kedua Ihsan(kesempurnaan” atau terbaik) dan ketiga ke Islaman,” ujarnya saat diwawancarai di kawasan Pramuka, Jakarta, Senin(23/12/2019).

Lanjutnya lagi mengatakan, hal tersebut supaya Iman kepada Allah bertumbuh, dan Ihsan itu kepada seluruh umat, Islam itu ke agamaan, makanya sabda Rasul mengatakan bahwa Ilmu lah yang menguatkan daripada keimanan dan ilmu jugalah yang menguatkan daripada Ke-Islaman.

“Kalau tidak ada ini pemuda-pemuda zaman sekarang gampang digoyah, gampang terhasut,(intinya) negeri ini hancur ditangan pemuda dan jadi kokoh juga ditangan pemuda,” sambungnya.

Sebab menurutnya, para pemuda yang menjadi penerus, maka daripada itu bagi setiap para orangtua yang sudah memiliki pengalaman-pengalaman yang mumpuni agar tuangkan ilmu.

“Jangan bangga dengan kepintaran kita sendiri sedangkan penerus jadi bodoh, kita arahkan agar dia(pemuda) lebih pintar dari kita, itu yang benar,” paparnya.

Apalagi Habib Maulana merasa miris bila saja generasi muda sekarang ada yang mengarahkan ke hal-hal negatif semisalnya adu domba, hasut dan sebagainya. “Ilmu itu diajarkan diberikan pada pemuda agar tidak gampang dihasut dan terkontaminasi dengan hal-hal yang tidak baik,” paparnya.

Habib Maulana pendiri Pondok Pesantren Wahdaniah di Kota Bumi (Lampung) ini juga mengapresiasi dan menganjurkan agar pihak pemerintah lebih meningkatkan peranannya dalam hal memberikan ilmu dan pendidikan agama ke pemuda.(*)