Uncategorized 

Jambore Perluas Wawasan dan Pengetahuan, Serta Perdalam Rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa

TEMPOJAKARTA.COM Kab. Bandung Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., diwakili Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko, S.Sos., menghadiri sekaligus menjadi Pembina upacara pembukaan Jambore Pramuka Saka Wira Kartika bertempat di Secaba Rindam III/Siliwangi Jl. Sindanglaya Bihbul Kab. Bandung, Rabu (10/08/2022).

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto setelah dikonfirmasi melalui saluran telepon, Rabu (10/08/2022).

“Saka Wira Kartika merupakan Satuan Karya (Saka) Pramuka Nasional yang dibentuk melalui kerja sama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk mengembangkan pendidikan bela Negara,” imbuhnya.

Dikatakan Kapendam Jambore Pramuka Saka Wira Kartika, dilaksanakan dalam Rangka HUT Ke-55 Yayasan Kartika Jaya Tahun 2022, berlangsung selama dua hari, mulai Rabu sampai dengan Kamis, tanggal 10 – 11 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang positif untuk membangun silaturahmi, kebersamaan dan soliditas antar anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Slw.

Adapun peserta Jambore diikuti oleh 243 siswa dari 14 sekolah, antara lain SMP Kartika XIX-1 sampai dengan SMP Kartika XIX-5, SMP Kartika X-1 Pussenkav, SMA Kartika XIX-1 sampai dengan SMA Kartika XIX-6, SMK Kartika XIX-1 dan SMK Kartika XIX-3. Acara Jambore ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pembina Upacara.

Pangdam III/Slw dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam, diantaranya menyampaikan bahwa, selaku Pangdam III/Slw dan secara pribadi, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya Jambore Pramuka Saka Wira Kartika.

Kegiatan Jambore dengan melakukan perkemahan juga menjadi forum penting
sebagai sarana rekreasi edukatif di luar kelas maupun di luar lingkungan sekolah. Selama kegiatan Jambore, seluruh peserta selain belajar untuk hidup di alam terbuka melalui perkemahan, juga akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman sosial, yang bermanfaat bagi pembentukan karakter menjadi generasi yang berguna untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Pangdam berharap kehadiran anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi mampu membentuk menjadi generasi penurus bangsa yang unggul, bermental tangguh, berkarakter, kreatif dan memiliki semangat cinta tanah air serta tekad untuk rela berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara.

Seusai upacara pembukaan Jambore dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo dalam rangka Hari Ualng Tahun Ke-55 Yayasan Kartika Jaya Tahun 2022. (Pendam III/Siliwangi).

(Bbg)

Related posts