• Rab. Feb 28th, 2024

tempojakarta

www.tempojakarta.com

Koramil 3 Petarukan Bekali Materi Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK Satyapraja 1

Byadmin

Okt 30, 2022


Tempojakarta.com-Pemalang,Komandan Koramil (Danramil) Kapten Cpm Suwaryo bersama anggotanya berikan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Ajaran 2021/2022 SMK Satyapraja 1 Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah yang di ikuti sekitar 60 Siswa/siswi anggota OSIS.

Dikesempatan itu Suwaryo menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak sekolah yang mana sudah memberikan kepercayaan pihak kami sebagai pendamping Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Berharap pelatihan tersebut dapat membentuk karakter Siswa/siswi. Selain harapan itu kedepan somoga anak didiknya bisa menjadi peserta Paskibraka ditingkat Kabupaten Pemalang, Pungkas Suwaryo depan peserta LDKS, Minggu (30/10) dihalam Koramil 3 Petarukan.

Kepala Sekolah SMK Satyapraja 1 Petarukan Akhmad Nurmuladi S.T. M.T
melalui Kabag kesiswaan Nasohi mengatakan, kami pihak sekolah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang biasa diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada Pengurus OSIS yang baru. Dan pelatihan hari ini kebetulan penutupan Minggu (30/10/2022) terangnya.

Latihan ini menyertakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepemimpinan sebagai bekal Pengurus OSIS baru untuk melaksanakan tugasnya di kemudian hari. Kegiatan yang dilakukan juga untuk mempersiapkan mental pengurus OSIS dalam memasuki lingkup kerjasama dalam berorganisasi, tutur Nasohi kepada Media.

Selain dilaksanakan LDKS adalah agar mereka lebih siap untuk menjalankan tugasnya sebagai pengurus OSIS dalam hal mewujudkan visi dan misi bersama.

Kegiatan ini guna mendorong Pengurus OSIS untuk lebih berprestasi dalam bekerja untuk meningkatkan kinerja OSIS sebelumnya.

Kegiatan LDKS yang dibuka dan ditutup Komandan Koramil 3 Petarukan Suwaryo. pada Minggu (30/10/ 2022) dengan didampingi semua anggota TNI yang bertugas serta oleh bapak dan ibu guru dari Tim kesiswaan SMK Satyapraja 1 Petarukan dan diikuti oleh 60 Pengurus OSIS lama sebagai panitia dan Pengurus OSIS baru sebagai peserta.

Pada kegiatan ini para panitia dan bapak ibu guru memberikan materi-materi yang dibutuhkan sebagai Pengurus OSIS seperti materi leadership, job description dan pembekalan.

Tidak hanya materi, pada kegiatan LDKS kali ini juga mengadakan permainan yang mengharapkan para pengurus OSIS baru dapat berorganisasi dengan baik, melatih kepemimpinan dan mental, serta sebagai tahap lebih mengenal sesama anggota OSIS.

Pelatihan hari pertama Sabtu dan Minggu yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut ini yaitu :
Apel Pagi kemudian senam pagi dilanjutkan pelatihan PBB, Pelatihan Tata cara upacara Militer (TUM), Tata Upacara Sipil (TUS), Wawasan Kebangsaan (Wasbang),

Pada kegiatan kali ini bertujuan untuk membangun kepercayaan antar sesama anggota sekaligus mengenal lebih detail bagian sekolah.

Tidak hanya itu, Peraturan Baris Berbaris (PBB) juga diagendakan dalam kegiatan ini. Kegiatan LDKS bertujuan untuk melatih ketangkasan, ketegasan, sikap disiplin, serta tanggung jawab sebagai pengurus OSIS agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan tegas dalam segala hal. (Rae)