• Sel. Feb 27th, 2024

tempojakarta

www.tempojakarta.com

HUT KNPI Ke-49 Bersama Ketum Dr.Ilyas Indra Berikan Semangat Generasi Pemuda Indonesia

Byadmin

Jul 24, 2022

JAKARTA  TEMPOJAKARTA.COM  Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dr. Ilyas Indra memberikan semangat kepada generasi muda dalam memperingati Hari Ulang Tahun KNPI ke-49 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 ini.

Ilyas mengatakan, KNPI merupakan wadah berhimpun bagi pemuda. Di mana di usianya yang ke-49 tahun ini berdiri terus membangun kaderisasi pemuda Indonesia, dan menjadi wadah berhimpun bagi ratusan organisasi di Indonesia.

Meski adanya dinamika yang terjadi di internal KNPI, tidak menyurutkan wadah organisasi ini terus bergerak dan berbuat untuk tetap menjadi laboratorium kader bagi pemuda Indonesia.

Cita-cita besar KNPI di ulang tahunnya yang ke-49 ini adalah semangat pemuda Indonesia harus terus ada, semangat pemuda Indonesia agar kembali seperti pemuda-pemuda Indonesia terdahulu.

“Satu catatan kami saat ini jiwa heroik pemuda Indonesia tidak sesemangat dahulu, nuansa cinta kebangsaan dan cinta tanah air tidak sekuat dahulu. Oleh karena itu Ulang Tahun KNPI ke 49 harus dijadikan momentum untuk mengembalikan kembali pemuda Indonesia seperti dahulu, yang mencintai bangsanya dan memiliki semangat juang dalam rangka memajukan Indonesia, menjadikan Nasional of Interest pemuda,” ungkap Ilyas dalam keterangannya, Kamis (22/7/2022).

Lebih lanjut, bahwa pemuda Indonesia harus mementingkan kepentingan nasional dibandingkan dengan semua kepentingan lainnya. Untuk itu, di ulang tahun KNPI yang ke-49 ini, Ilyas mengajak para pemuda harus menempatkan dirinya sebagai pemilik perubahan.

“Maka dalam semangat ulang tahun KNPI ke 49 ini kami menggagas gerakan nasional bahwa pemuda adalah pemilik perubahan atau Investor of Change Pemuda Indonesia yang fokus menyelesaikan masalahnya sendiri,” ungkap Ilyas.

Seperti diketahui, Indonesia adalah salah satu dari negara yang tengah mengalami bonus demografi. Di mana penduduk berusia produktif lebih besar jumlahnya dari pada penduduk berusia nonproduktif. Dengan besarnya populasi berusia produktif diharapkan dapat bermanfaat dalam mendorong pembangunan.

Untuk itu, Ilyas mengimbau anak muda agar memiliki akses pekerjaan yang layak sehingga dapat menangkap peluang bonus demografi. Kendati demikian, Ilyas menekankan pentingnya akses pada pelatihan khususnya yang bersifat berkelanjutan.

Ilyas mengungkapkan, bahwa dampak pandemi telah mendorong perubahan di berbagai sektor, termasuk digitalisasi. Semua negara termasuk Indonesia perlu mengembangkan kemampuan dalam sektor digital baik itu telekomunikasi maupun IT. Oleh karenanya pemuda Indonesia harus dapat menangkap peluang tersebut.

“Kita harus bisa mengembangkan keterampilan dari para pemuda di Indonesia supaya mereka bisa mengambil kesempatan yang ada. Jadi membuka peluang bukan hanya bagi para bisnis, tetapi juga bagi para pemuda untuk bisa berpartisipasi secara aktif dalam sektor ini,” jelasnya.

Ilyas menambahkan, di usianya yang ke-49 ini menjadi momentum organisasi KNPI untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia mulai berbenah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka menyongsong tahun 2045 mendatang.

“Di usia 49 tahun ini KNPI harus menyiapkan generasi Investor of Change Pemuda Indonesia. Meski berjalan sendiri, sebagai organisasi kepemudaan tertua di Indonesia KNPI harus bersama rakyat dan mengawal program pemerintah,” pungkasnya.(Bb)