• Rab. Feb 21st, 2024

tempojakarta

www.tempojakarta.com

Berhasil Ekspor Ke Jepang dan Korea, Rumah Tempe Azaki Bogor Dikunjungi Kedutaan Besar Amerika Serikat

Byadmin

Jul 28, 2022

TEMPOJAKARTA.COM Bogor, 28 Juli 2022. Perjalanan kesuksesan ekspor tempe dari Rumah Tempe Azaki, Bogor atau dikenal PT Azaki Food Internasional dan keberhasilan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) membangun 82 UKM Tempe di seluruh Indonesia mendapatkan perhatian besar dari Pemerintah Amerika Serikat.

Hari ini, John Kerrigan, perwakilan Pemerintah Kota Nebraska ditemani Novi Yuningsih dan Arif Rahmanulloh dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, di dampingi oleh USSEC Indonesia-Dr. Dadi Maskar, STP., M.Sc. dan Muhammad Ridha, STP., M.M. berkunjung ke Rumah Tempe Azaki Bogor untuk melihat langsung proses produksi tempe dan mendapatkan informasi lebih tentang usaha tempe yang dibangun FKDB.

Ketua Umum FKDB sekaligus Pemilik Rumah Tempe Azaki Bogor, Cucup Ruhiyat yang menerima kunjungan menjelaskan bahwa keberhasilan FKDB mengembangkan usaha tempe higienis di Indonesia adalah tidak terlepas dari kerjasama dengan USSEC Indonesia dan Forum Tempe Indonesia sejak tahun 2015.

“Peran Ussec dan Forum Tempe Indonesia sangat besar sekali dalam mendorong FKDB mengembangkan usaha tempe yang higienis melalui berbagai fasilitas yang diberikan seperti pembinaan SDM, bimbingan teknologi hingga bantuan fasilitas” terang Cucup.

Sementara John Kerrigan menyampaikan bahwa Nebraska merupakan wilayah pertanian kedelai yang cukup besar di Amerika Serikat, siap menjamin pasokan kedelai untuk produksi tempe FKDB. “Silahkan perwakilan dari FKDB berkunjungan ke tempat kami, melihat lahan pertanian kami, melihat bagaimana para petani kami mengolah kedelai ini hingga memiliki kualitas yang unggul”.

Kedutaan Besar Amerika Serikat juga merespon sangat baik program tempe FKDB dengan menawarkan fasilitas pameran produk di dalam dan luar negeri.

Dalam kunjungan tersebut para tamu di ajak melihat bagaimana Tempe Azaki untuk ekspor di proses dan mendapatkan beberapa informasi lainnya tentang tempe. Diharapkan dengan kunjungan ini akan terjalin kerjasama yang baik dengan Kedutaan Besar Amerika dan juga Pemerintah Nebraska untuk mengamankan pasokan kedelai serta mendapatkan peluang pasar ekspor bagi Rumah Tempe Azaki.(M.Rohim)