• Rab. Feb 28th, 2024

tempojakarta

www.tempojakarta.com

Ajang Silaturahmi Para Pencinta Unggas Ayam Kate Indonesia

Byadmin

Okt 3, 2022

TEMPOJAKARTA.COM-BOGOR Ajang silaturahmi para pencinta unggas khususnya, Ayam Kate Indonesia terus memberikan kontribusi yang besar dalam pelaksanaan kegiatan kontes ayam kate di berbagai daerah. Kota Bogor yang saat ini menjadi tuan rumah yang terhimpun dalam Pencinta Ayam Kate Bogor dan Sekitarnya menyelenggarakan ajang kontes Pakbos Cup 1 yang merupakan Hut Pakbos yang ke -2.

‘Kontes ayam kate akhir-akhir sering di selenggarakan melalui berbagai komunitas yang ada di daerah di Indonesia, hal ini unutk membuktikan dan mengedukasi bagi pencinta unggas yang terkenal sangat lucu dan ceper (kecil)”.

“Keistimewaan ayam kate terlihat dari berbagai tubuh, warna, serta memiliki ekor yang menjulang dan komposisi tubuh yang proposional, demikian gambaran tentang ayam kate juga dibahas dalam diskusi edukasi Kontes Pakbos Cup 1 yang menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, yakni Odenx KAKI pencinta unggas dan (Ketua Umum Komunitas Ayam Kate Indonesia ) KAKI, Roby Pakhoy Ketua Komunitas Ayam Pakoy dan Drh. Patriantariksina Kepala Dinas Peternakan Kota Bogor, yang diadakan GOR Padjajaran Kota Bogor, 03/10/2022.

Odenx menjelaskan, ” dikala zaman era pandemi para penghobi ayam hias , unggas stop untuk mengadakan event tetapi penghobi ayam kate tetap melaksanakan event dan terus berinovasi  dan kita tetap menggelar event online atau Zoom dan intinya kita tidak akan mati gaya, ” Tutur Odenx.

“Dalam implementasinya kegiatan ayam kate ini bisa diserap kepada masyarakat luas seiring perkembangan zaman dan mengaruh teknologi hal ini bisa mengedukasi ayam yang unik untuk tidak akan punah tergerus oleh waktu”. 

Dengan perkembangan saat ini ayam kate semakin banyak disukai dan dinikmati dan juga mempunyai kualitas harga yang luar biasa , harga ayam 7 juta bisa dikatakan dengan spek masuk kategori kontes dan juga belum juara harga nya bisa sangat mengiurkan dan terbukti bahwa ayam kate mempunyai pilihan yang berkualitas melelui proses yang panjang, spek ayam ini jadi semakin tahu semakin dinikmati dan ini menjadi acuan harganya pun dapat bertambah, ” Ujar Odenx Vexia.

“Intinya jangan malu lah untuk pelihara ayam kate karenaya sekarang harganya sudah meningkat tajam, tentunya ada kebanggaan pelihara ayam kate.

Untuk anakan ayam kate kisaran harga mulai dari 200 ribuan, dan ini bukan merupakan patokan harga dari ayam kate, dan hobi ini tidak berdasarkan dengan patokan harga, ” Kata Odenx.

Kegiatan ayam kate sendiri saat ini event dari berbagai komunitas untuk tahun ini sudah dikatakan full dalam rangkaian jadwal dari berbagai komunitas di Pulau Jawa yang dalam waktu dekat ini yang akan dinanti di Kota Garut, dan untuk bulan November ada di Sukabumi dan Surabaya dan diakhir tahun Desember menunggu di bandung serta Bekasi, ” Tutur Odenx.

Dengan kebersamaan ini serta menjalin silaturahim tentunya penggemar ayam kate tidak bisa dengan sendiri-sendiri, namun melalui kebersamaan itulah berharap penggemar dan pencinta ayam kate dapat bersatu dan bergerak bersama-sama dalam melestarikan kearifan lokal milik bangsa Indonesia sebagai pelestari alam ragam hayati yang terkandung di dalamnya untuk bersama dan bergandengan melestarikan unggas endemik asli Indonesia, ” Pungkasnya.(Sonny)