• Sel. Feb 27th, 2024

tempojakarta

www.tempojakarta.com

Cegah Stunting Dengan Perbaikan Gizi Pemerintah Jakarta Timur Berikan Bantuan

Byadmin

Des 4, 2023

Jakarta (Tempojakarta.com) Balita stunting mendapat bantuan dari pemerintah melalui kecamatan Cakung, di salurkan ke kelurahan Pulogebang. Lalu diberikan kepada penerima bantuan berupa snak dan gody bag untuk balita stunting dikelurahan Pulogebang sebanyak 37 yang tersebar di 17 RW. Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini tanggal 4,7, 14 Desember mereka mendapatkan makanan tambahan.Tempat Aula Kelurahan Pulogebang(4/12/23).

Ciri-ciri Stunting pada anak

Stunting adalah masalah kekurangan gizi kronis (terjadi berkelanjutan dalam jangka waktu panjang) yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak.”Ujar Nata Sekkel Pulogebang.

Pertumbuhan Melambat
Seorang anak bisa dikatakan pertumbuhannya melambat jika tinggi badannya tidak sesuai dengan usianya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan tulang anak yang tertunda.Hadir pula Sukma S Staf kecamatan cakung.

Untuk memastikan pertumbuhan badannya sudah sesuai kurva pertumbuhan, anak perlu mendapatkan pemeriksaan fisik rutin di dokter atau rumah sakit. Pemeriksaan ini biasanya juga sudah termasuk pengukuran berat badan dan lingkar kepala anak.

Keterlambatan Perkembangan Kognitif
Dalam jangka panjang, anak-anak yang mengalami stunting berisiko memiliki gangguan perkembangan perilaku dan kemampuan kognitif yang lebih buruk di awal kehidupannya sehingga cenderung memiliki performa akademis yang lebih rendah dibanding anak-anak yang bertumbuh normal.Ungkap Nata Sekkel.

Karena kekurangan gizi secara berkelanjutan, stunting menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi, sulit menangkap informasi, dan tidak mampu mencerna pelajaran secara mendalam. Penurunan kemampuan kognitif ini bisa berdampak pada performa anak belajar di sekolah.

Sementara itu, Eko Purnomo Kasie Kesra Kelurahan Pulogebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur.Kesehatan dunia (WHO, stunting juga dapat disebabkan oleh kekurangan gizi kronis, penyakit malnulasi, infeksi berulang, dan stimulasi yang tidak memenuhi syarat.

Pertumbuhan Gigi Terlambat
Selanjutnya, ciri-ciri stunting pada anak yaitu pertumbuhan gigi yang terlambat. Meski demikian, terlambat tumbuh gigi juga dapat disebabkan oleh gangguan pada gusi atau tulang rahang.

Berat Badan Kurang
Anak yang mengalami stunting umumnya memiliki berat badan kurang atau bahkan sangat kurang. Masalah berat badan ini terjadi karena anak kekurangan nutrisi, kurang mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan metabolisme tubuh yang rendah. Efek penurunan berat badan ini bisa berdampak buruk pada pertumbuhan si Kecil.

Mudah Terserang Penyakit
Ciri-ciri stunting pada anak yang mungkin belum banyak disadari orang tua adalah mudah terserang penyakit. Menurut sebuah studi dari Frontiers in Immunology tahun 2022, anak-anak yang mengalami stunting memiliki risiko yang lebih besar terhadap komplikasi serius akibat penyakit infeksi. Ini terjadi karena malnutrisi dapat menyebabkan penurunan fungsi kekebalan

Penyebab stunting adalah faktor lingkungan dan genetik. Faktor lingkungan yang bisa mengakibatkan stunting misalnya status gizi Mama saat hamil, pola pemberian makan pada si Kecil, dan kebersihan lingkungan”, terang Eko Purnomo.(Bamsur).